cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Tips Cara Memaku Bambu Agar Tidak Mudah Pecah

Tips Cara Memaku Bambu Agar Tidak Mudah Pecah

Sering kali kita menemukan kondisi yang tidak menyenangkan ketika memaku bambu. Kondisi tersebut adalah pecahnya bambu akibat pemakuan yang dilakukan. Penyebabnya selain karena ukuran paku yang digunakan terlalu besar, juga biasanya bambu yang dipaku menggunakan Paku Tembak masih muda dan juga belum kering. Alasan lain yang menyebabkan pecahnya bambu saat  dipaku menggunakan Paku Tembak adalah tempat memaku yang terlalu kepinggir sehingga tidak ada cukup ruang untuk menahan tekanan Paku Tembak yang terlalu besar. Tetapi hal tersebut sebenarnya bisa diakali dengan berbagai cara. Meskipun cara – cara tersebut notabene memerlukan alat tambahan, tetapi akan setara dengan hasil yang akan diperoleh. ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

  • Bahan & Alat :

1. Paku Tembak     ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

2. Alat Paku Tembak     ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

 

  • Berikut adalah cara – cara memaku bambu menggunakan Paku Tembak agar tidak pecah:

1. Buat tanda x dengan gerjaji

Cara yang pertama ini memanglah menjadi cara yang jitu dalam memaku bambu menggunakan Paku Tembak agar tidak pecah. Caranya adalah dengan membuat tanda huruf X pada titik yang akan di Paku Tembak. Tanda tersebut dibuat tidak usah terlalu dalam atau besar, sebatas cukup untuk Paku Tembak agar masuk, bagian luar bambu tidak rusak dan pecah. Tetapi cara ini tergolong cara yang menghabiskan waktu cukup lama, untuk membuat tanda dengan gergaji bisa memakan waktu 30 detik hingga satu menit, bayangkan jika kita harus membuat 100 tanda. Tentunya akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

2. Paku di area ruas bambu

Bambu tentunya memiliki ruas – ruas yang terdapat setiap beberapa cenitimeter, nah, kita bisa memanfaatkan ruas – ruas ini sebagai tempat untuk memaku menggunakanPaku Tembak. Asal tahu saja, ruas bambu ini mempunyai keuatan yang cukup kuat sehingga ketika Paku Tembak dimasukkan ditempat ini, kita tidak perlu khawatir jika bambu akan pecah. Tetapi tetap saja, dalam memberikan tekanan, kita hrus tetap berhati – hati, jangan sampai tekanan terlalu besar dan ruas bambu ikut pecah.

3. Pengeboran

Cara yang terkahir ini memang cukup ribet. Hal ini dikarenakan cara yang terakhir ini melibatkan alat bor, baik listrik maupun manual. Caranya adalah dengan membuat lubang dengan menggunakan alat bor. Tetapi lubang yang dibuat tidak boleh terlalu besar sehingga Paku Tembak tidak loss saat dimasukkan dan dapat mengunci bambu dengan baik. Memang cara ini adalah cara yang paling efektif, tetapi jarang digunakan karena cara ini termasuk cara yang paing ribet dan membutuhkan alat tambahan yang tidak semua orang punya.

BACA JUGA :

Cara Membuat Meja Dan Kayu Dari Kayu

Cara Membuat Tirai Dari Bambu

Tips Cara Memaku Bambu Agar Tidak Mudah Pecah

Dalam memaku menggunakan Paku Tembak pada bambu kita harus melihat terlebih dahulu jenis bambu dan kondisinya. Ada beberapa jenis bambu yang memiliki ketebalan yang cukup tebal sehingga meskipun dipaku menggunakan Paku Tembak, bambu tersebut tidak akan pecah. Selain itu kondisi bambu juga akan sangat mempengaruhi, bambu yang kering tentunya akan lebih mudah dipaku menggunakan Paku Tembak daripada bambu yang masih basah yang mana bambu yang masih basah akan lebih mudah pecah saat dipaku menggunakan Paku Tembak.

----------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :

www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

021 29218911, 021 29218925, 021 62200455

Back
Whatsapp