cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Cara Membuat Steger Kayu

Cara Membuat Steger Kayu

Baca Juga: Tips Cara Melepas Staples Kayu

Cara Membuat Steger Kayu - Steger merupakan salah satu alat yang biasanya digunakan untuk membangun atau memperbaiki rumah yang umumnya berada di ketinggian, steger ini fungsinya hampir sama dengan tangga. Namun dengan menggunakan steger ini anda dapat naik serta duduk diatasnya sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan. Banyak sekali bahan untuk membuat steger ini mulai dari kayu, bambu dan besi. 

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat steger kayu, untuk membuat steger kayu ini membutuhkan beberapa alat dan bahan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Alat dan Bahan

- Kayu
- Alat Paku Tembak         ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Paku Tembak                 ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Alat Ukur/Meteran         ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Gergaji
- Pensil/pulpen
- Amplas                           ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Kawat

Kayu yang dipilih sebaiknya yang mempunyai tekstur kuat, dengan begitu ketika steger tersebut digunakan akan aman. Anda dapat menggunakan kayu seperti kayu jati. Karena kayu ini mempunyai tekstur yang kuat, jadi sangat cocok untuk anda gunakan. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan steger. 

Berikut ini beberapa langkah - langkah dalam pembuatan steger kayu.

1. Pembuatan Konsep Steger Kayu
Pertama - tama buatlah konsep steger kayu ini, dalam pembutan steger ini sebaiknya dibuat berdasarkan fungsi dan kebutuhan batik dari segi ukuran, ketinggian dan model. Umumnya steger ini memiliki 4 kaki. Untuk mempermudah proses pembuatan steger kayu ini sebaiknya digambar terlebih dahulu di sebuah kertas, dengan begitu nantinya anda dapat mempunyai pedoman dalam perangkaian steger tersebut.

2. Pengukuran Bahan
Jika konsep selesai dibuat, anda dapat melakukan pengukuran bahan. Dalam melakukan pengukuran ini sebaiknya dilakukan dengan teliti dan disesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya, karena dengan ukuran yang sesuai tentunya memudahkan kita dalam proses perangkaian nantinya. Untuk memudahkan proses pemotongan, setelah melakukan pengukuran sebaiknya berikan tanda pada area tersebut.

3. Pemotongan Bahan
Jika pengukuran sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah pemotongan bahan. Untuk memotong kayu ini cukup dengan menggunakan gergaji. Potonglah pada area yang sudah ditandai sebelumnya. 

4. Perangkaian
Jika semua bahan sudah siap, anda dapat langsung merangkai semua bagian tersebut. Untuk merangkainya mulailah pada bagian kaki terlebih dahulu. Untuk merekatkan satu bagian dengan lainnya. Gunakanlah Paku Tembak, pastikan ukuran Paku Tembak tersebut sesuai dengan ukuran kayu, agar ketika Paku Tembak terpasang tidak menyebabkan kayu tersebut menjadi pecah dan rusak. Agar lebih kuat, anda dapat menambahkan ikatan dari kawat.

Baca Juga: Mengenal Paku-Paku di Sekitar Kita

5. Finishing
Tahap akhir dari pembuatan steger ini adalah dengan cara merapikan antar bagian tersebut serta melakukan pengecekan apakah semua terpasang dengan aman atau tidak.

Cara Membuat Steger Kayu
Steger ini sangat bermanfaat sekali dalam pembangunan rumah atau perbaikan rumah yang berada di ketinggian. Demikian informasi mengenai cara membuat steger kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan steger kayu, desain steger kayu.

Baca Juga: Tips Cara Memaku Bambu Agar Tidak Mudah Pecah

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :
www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

02129218911, 02129218925, 02162200455

Back
Whatsapp