cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Cara Membuat Bingkai Foto Berbahan Kayu

Cara Membuat Bingkai Foto Berbahan Kayu

Baca Juga :

#1 : Perhatikan Ruangan, Sesuaikan Foto

Pertama-tama, perhatikan ruangan tempat Toppers akan memasang bingkai kayu foto ini. Pastikan bingkai foto harus pada tempat yang cocok, tidak bisa sembarang jika kamu tak ingin menimbulkan keanehan atau komposisi dekorasi yang tidak harmonis. Sesuaikan ukuran foto dengan sisa ukuran tempat untuk meletakkan foto. Sesuaikan juga pemilihan foto untuk dipasang dengan nuansa ruangan. Kamu tak ingin sembarangan meletakkan foto.

#2 : Ide Bingkai

Persiapkan ide bingkai yang kamu inginkan. Misalnya, selaraskan antara foto dengan warna bingkai yang kamu inginkan, ataupun bentuk bingkai. Kamu ingin bingkai minimalis yang mudah, atau ingin bingkai dengan berbagai ornamen dengan beragam ketebalan? Pada bagian ini kamu harus ketahui juga ukuran bingkai berbanding dengan foto, agar kamu tidak salah ketika membuatnya!

#3 : Persiapkan Bahan

Untuk membuat bingkai foto dari kayu, kamu harus persiapkan sejumlah bahan berikut:

- Alas foto/Mat (bisa menggunakan kayu multiplek atau karton tebal)
- Kayu (jenisnya bisa disesuaikan selera)
- Bor
- Alat Ukur/Meteran   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Pensil
- Gunting/Cutter
- Amplas                     ( Belanja Online di www.klikmjm.com ) 
- Lem kayu
- Tripleks
- Paku Tembak           ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Alat Paku Tembak   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
- Gergaji
- Kuas
- Cat atau Vernis

#4 : Cara Membuat Bingkai Foto dari Kayu

  • Tempatkan pada Alas:

1. Pertama, kamu harus meletakkan foto di atas sebuah mat jika ingin memberikan sebuah ruang antara foto dengan bingkai. Mat bisa terbuat dari apa saja yang kamu inginkan, seperti contohnya karton, karton dupleks, dan lainnya selama memiliki tekstur halus namun kuat. Umumnya, mat ini berwarna putih, tapi kamu juga bisa kok bereksperimen dengan warna lain untuk membuat semakin unik.
2. Kemudian, ukurlah alas foto tersebut, letakkan foto di atas alas. Jika ingin membuat foto nampak ada pinggiran, lebihkan alas sekitar 3 hingga 4cm. Ini akan membuat foto tampak lebih elegan. Kemudian, jika sudah kamu tandai, potong sisi luar dari alas foto dengan cutter agar terlihat rapi.
3. Setelah kamu memotong bagian luar, maka kamu juga harus potong bagian dalam alas untuk membuat ruang masuknya foto. Tandai persis sesuai dengan ukuran foto, dan potong tepat pada garis-garis tersebut. Sebisa mungkin jangan buat terlalu lebar ya, karena pastinya tidak akan enak dilihat! Jika sudah, maka kamu bisa masukkan foto ke lubang alas.

Nah, itu dia bagian memasang alas foto. Kini, setelah memasang alas pada foto, maka kini saatnya membuat bingkai fotonya!

  • Pembuatan Bingkai Kayu:

1. Setelah kamu persiapkan bahan, maka kamu siap untuk membuat bingkai kayu. Sudah memilih jenis kayu yang cocok untuk bingkai dan kamu suka kan? Maka saatnya kamu potong kayu menjadi ukuran yang diinginkan untuk menjadi bingkai. Samakan panjang bagian dalam dengan alas.
2. Jika sudah selesai, maka lem dua bagian kayu (bagian luar dan bagian dalam), jangan lupa juga untuk sejajarkan bagian bawah agar rata.
3. Selanjutnya adalah buat alas untuk bingkainya. Berbeda dengan foto, alas untuk bingkai bisa kamu gunakan tripleks. Ukur garis luar seukuran sama dengan bingkai dan bagian dalam seukuran dengan alas foto. Kemudian satukan sisi dalam dan luar menggunakan Paku Tembak/Staples Manual agar bingkai tetap kokoh dan kamu bisa mengakses pinggir-pinggirnya untuk membukanya.
4. Lubangi keempat sudut bingkai dengan bor, sekitar 4mm agar bisa meletakkan paku. Untuk merekatkan, lem lah paku-paku tersebut dan masukkan ke dalam lubang yang telah di bor. Pastikan kedua bingkai telah menyatu dengan rapi. Setelah itu kamu bisa tunggu hingga lem kering dan beralih ke bagian selanjutnya!
5. Selanjutnya, jika kamu merasa kayu masih kasar dan berbahaya untuk dipegang, maka perlu kamu ampelas, hingga halus dan sudah layak dipasang. Kamu juga bisa berikan sentuhan personalisasi pada bingkai foto kayu tersebut dengan cat, dan berikan warna sesuai keinginan kamu.
6. Jika sudah merasa puas dengan hasil, bingkai foto dari kayu sudah dapat dipajang!

BACA JUGA: 

Mudah kan membuat bingkai foto dari kayu? Jangan lupa, terpenting adalah kamu harus menggunakan perlengkapan untuk membuatnya dengan benar serta telah melakukan semua persiapan. Pastinya jika kamu sudah siap sedia, tak akan gagal deh dalam pembuatan bingkai foto dari kayu ini! 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :
www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

02129218911, 02129218925, 02162200455

Back
Whatsapp