cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Tips Cara Menyembunyikan Bekas Paku dan Sekrup pada Furniture

Baca Artikel :

Bagaimana Cara Menyembunyikan Bekas Paku dan Sekrup pada Furniture?

Bila paku digunakan mau tak mau tentu kita harus tahu cara agar tampilan furniture tak menampakkan alat tersebut. Anda sendiri biasanya memiliki beberapa cara untuk mengatasi solusi ini. Tiga dari berbagai cara tersebut antara lain adalah:

1. Memasang hanya Pada Area Tersembunyi
Cara pertama yang paling mudah dan paling sering diaplikasikan adalah dengan menentukan di mana paku digunakan dan di mana lem diaplikasikan. Cara ini juga dengan mudah bisa diikuti orang awam. Sederhana saja, supaya paku atau skrup tidak terlihat, maka gunakanlah di bagian dalam furniture, bukan di bagian luar permukaannya. Misalnya, hindari memaku bagian atas meja. Gunakan lem dengan kombinasi wood joint seperti mortise dan tenon untuk mengganti alat tersebut. Pemakuan bisa dilakukan pada bagian furniture yang lain seperti pada pemasangan kaki meja.

2. Menutupi dengan Kayu Lain
Anda mungkin terpaksa menggunakan paku pada bagian luar furniture. Bila sudah demikian, mau tak mau tampilan luar furniture menjadi nampak berpaku bukan?

Eits, ini bukan masalah dengan satu trik sederhana. Cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan bekas paku dan sekrup pada furniture ini bisa dilakukan dengan menutupinya menggunakan kayu lain. Gunakan ekstra kayu pada area yang dipaku. Akan lebih efektif, bila kayu itu dibuat sebagai hiasan atau dekorasi. Jadi, produk juga akan terlihat lebih menarik. Misalnya saja Anda membuat kotak dari beberapa potongan kayu yang dipaku di bagian sisi atas dan bawah produk. Supaya bekas pemakuan tidak kelihatan, siapkan potongan kayu lain yang sudah diukir atau dibentuk menarik. Selanjutnya, rekatkan dengan adhesive, dan lakukan pemakuan dari dalam, tapi jangan sampai tembus. Simpel bukan?

3. Menguburnya dengan Potongan Kayu
Cara yang ketiga ini sangat unik. Pada metode ini, Anda akan memasukkan paku hingga begitu dalam ke substrat kayu. Jadi, kepala paku tidak akan terlihat lagi di permukaan kayu. Tetapi, masalah baru muncul, yakni adanya lubang pada permukaan kayu. Nah, untuk mengatasinya, kita bisa mengubur lubang tersebut degan potongan kayu. Caranya cukup mudah. Anda tinggal memotong kayu sesuai bentuk dan ukuran lubang, lalu merekatkannya ke dalam lubang menggunakan adhesive. Cara menyembunyikan bekas paku dan sekrup ini cocok bila Anda tak mau menggunakan kayu tambahan tetapi juga perlu menggunakan paku pada bagian luar produk.

Baca Artikel :

Tetapi ingat, komponen kayu yang dipaku harus cukup tebal sehingga paku tidak tembus ke bagian lain pada produk. Selain itu, Anda juga harus memilih potongan kayu yang tampilannya sesuai dengan tampilan kayu yang akan ditutupi lubangnya. Apalagi bila Anda hendak memfinish produk tersebut dengan finishing natural. Untuk finishing solid sendiri, cara ini relatif aman digunakan.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :
www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

02129218911, 02129218925, 02162200455

Back
Whatsapp