cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Cara Menyambung Kayu Yang Keropos

Cara Menyambung Kayu Yang Keropos

 

BACA JUGA : 

 

Cara Menyambung Kayu Yang Keropos

            Kayu dapat digunakan untuk membuat perabotan-perabotan dirumah baik itu lemari, meja, kursi dan lain- lain. Umur kayu ditentukan oleh jenis kayu itu sendiri serta cara merawatnya. Bila kayu ditaruh di tempat yang lembap dan sering terkena air terus-menerus maka lama- kelamaan kayu akan menjadi lapuk dan keropos. Bila anda menemui lemari atau meja dirumah anda keropos jangan dibuang dulu. Periksalah bagian yang keropos dan mungkin dapat diperbaiki dengan sisa-sisa potongan kayu yang ada digudang rumah anda. Bagaimana bila panjang kayu sisa tersebut tidaklah cukup panjang untuk menggantikan bagian yang keropos. Anda bisa menyambung dua atau lebih potongan kayu menjadi satu kayu panjang. Caranya cukup mudah, saya akan menunjukan bagaimana saya menyambung dua kayu menjadi satu untuk memperbaiki meja kerja.

ALAT DAN BAHAN YANG DIPERLUKAN

1. Gergaji
2. Pahat kayu
3. Pensil
4. Paku Tembak           ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
5. Alat Paku Tembak   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
6. Alat Ukur/Meteran   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
7. Amplas                     ( Belanja Online di www.klikmjm.com )
8. Lem kayu

CARA

  • Beri tanda yang akan dipotong pada kayu pertama menggunakan pensil dan Alat Ukur/Meteran. Buatlah garis seperti pada gambar ini, ukurannya kira-kira setengah dari lebar kayu dan panjangnya kurang lebih 20cm, buatlah sedikit miring agar sambungan kayu bisa lebih kuat.  ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

​​

  • Potong kayu yang sudah ditandai tadi dengan menggunakan gergaji, serata mungkin. Setelah memotongnya, gunakan pahat kayu untuk memotong pada bagian coakan (Bila tidak menggunakan meja kayu untuk memahat,disarankan untuk memberi alas berupa papan/ kayu pada permukaan kayu yang akan dipahat agar tidak merusak mata pahat bila mengenai dasar yang keras seperti permukaan lantai.
  • Pahat perlahan-lahan agar hasil rapi dan tidak merusak kayu tersebut.

​

  • Selanjutnya letakan kayu pertama yang sudah dipahat tadi ke atas kayu yang akan disambungkan dan beri tanda menggunakan pensil. Disarankan menggunakan Paku Tembak karena Paku Tembak mempunya ujung lebih lancip, sehingga tanda pada kayu lebih akurat dan kuat.   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

​

  • Cara memotong kayu kedua sedikit berbeda dengan kayu pertama karena coakan terdapat pada bagian depan, sehingga akan memerlukan lebih banyak proses pemahatan disini. 

​

  • Anda bisa memotong bagian depan menggunakan gergaji dan selanjutnya menggunakan pahat untuk memotong area yang akan dibuang. Buatlah potongan serapi mungkin agar hasil sambungannya dapat maksimal.

  • Bila sudah, cobalah menyambungkan kedua kayu yang sudah dibentuk. Bila hasilnya belum pas rapikan menggunakan Amplas. Bila sudah pas, anda bisa menggunakan lem kayu dan paku untuk menghubungkannya.   ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

​

 

Dengan adanya tutorial ini semoga dapat membantu anda untuk memperbaiki barang- barang yang ada di rumah anda yang masih dapat digunakan. selamat mencoba!

------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :
www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

02129218911, 02129218925, 02162200455

Back
Whatsapp