cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Cara Membuat Kotak Kayu dengan Tutup Engsel

Kotak Kayu dengan Tutup Engsel

Baca Artikel :

Cara Membuat Kotak Kayu dengan Tutup Engsel

                Tidak mengejutkan jika kotak kayu menjadi salah satu karya yang populer dibuat oleh tukang kayu pemula. Sederhana, namun elegan, dengan konstruksi dasar, namun mudah diberi sentuhan personal, kotak kayu dapat memiliki fungsi hias atau berdasar pada manfaatnya saja. Jika Anda tidak pernah membuat kotak kayu, mulailah dengan membuat kotak kayu dengan tutup berengsel atau bertutup geser sebelum mencoba teknik yang lebih sulit.

Hal yang Anda Butuhkan

 

Cara Membuat Kotak Kayu dengan Tutup Engsel

1. Pilih kayu Anda. Anda dapat menggunakan kayu yang didaur ulang dari karya sebelumnya, papan dari kayu palet yang dibongkar, atau Anda juga dapat membeli dan memotong kayu yang baru. Pikirkan tujuan penggunaan kotak yang akan Anda buat.

  • Contohnya, jika Anda akan membuat kotak perhiasan, pertimbangkanlah untuk menggunakan potongan kayu cedar, ash, atau ek yang tipis. Anda akan lebih mudah membuat kotak dengan potongan kayu yang lebih tipis. Simpan potongan kayu yang besar untuk kotak yang lebih besar. Ini juga akan mengurangi pekerjaan Anda untuk merapikan kayu.

2. Kumpulkan bahan-bahannya. Simpan semua peralatan dasar Anda di ruang kerja Anda. 

  • Jika Anda menggunakan alat listrik, pastikan Anda memiliki akses yang dekat dengan stop kontak. Setidaknya, Anda akan memerlukan penggaris, palu, paku, lem kayu atau dempul, dan tentu saja, papan kayu Anda. Jika Anda menggunakan alat listrik, gunakan dengan hati-hati dan selalu gunakan pelindung mata.

3. Ukur dan beri tanda pada papan Anda. Pertama, Anda akan harus memutuskan ukuran kotak Anda. Yaitu, Anda akan harus menentukan seberapa panjang, lebar, dan tingginya kotak Anda. Lalu, beri tanda sesuai ukuran tersebut pada potongan kayu Anda dengan penggaris dan pensil.

  • Jika Anda membuat kotak untuk tujuan yang spesifik untuk menaruh suatu barang tertentu, pastikan ukurannya sesuai agar barang tersebut dapat masuk ke dalam kotak Anda.

4. Potong papan kayu jika belum sesuai dengan ukuran. Gunakan gergaji tangan atau mesin potong untuk memotong papan sesuai ukuran yang telah ditentukan. Ingatlah bahwa Anda akan memerlukan empat papan untuk bagian sisi-sisinya, satu untuk dasar kotak, dan satu untuk penutup kotak Anda.

  • Alat listrik dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, namun tidak wajib. Anda dapat dengan mudah membuat kotak menggunakan obeng, penggaris siku, gergaji tangan, dan palu.

5. Pasangkan potongan-potongan sisi dengan teknik sambungan tumpu. Sambungkan sisi-sisinya dengan sudut yang tepat dengan menggunakan lem pada sambungannya untuk menguatkannya. Pada titik ini, kotak Anda akan terlihat seperti sebuah persegi tanpa penutup ataupun dasar. Selanjutnya, pasangkan paku, sekrup atau batang penetap dengan palu atau bor.

  • Anda dapat menggunakan klem untuk menjepit sisi-sisinya bersama-sama saat Anda mengebor Paku Tembak atau memasang sekrup pada kotak Anda.
  • Jika Anda menggunakan batang penetap, bor sebuah lubang melalui salah satu sisi kepada sisi lainnya. Gunakan batang kayu untuk menusuk sisi-sisinya dengan bentuk huruf “L”. Setelah sisi-sisinya terpasang, potong batangan hinga merata dengan permukaan sisi.

Baca Juga :

 

6. Tempelkan sisi-sisinya ke bagian dasar kotak. Pastikan bagian sisi-sisi ini pas terpasang pada sekeliling potongan dasar kotak, tergantung dari rancangan yang Anda buat. Gunakan lem untuk menempelkan bagian dasar dan sisi-sisinya. Pasangkan Paku Tembak, sekrup kayu, atau batang penetap dengan Alat Paku Tembak dan Bor.

  • Biarkan kotak Anda kering seluruhnya sebelum menutup atau menggunakannya.

7. Pasangkan tutup yang berengsel pada kotak. Letakkan penutup pada kotak sehingga penutup an sisi-sisi kotak sama rata, lalu ukur dan beri tanda di mana Anda ingin memasangkan engselnya. Biarkan sendi engsel menonjol keluar dar belakang kotak Anda dan pasangkan pada bagian sisi dan penutupnya dengan bor atau palu.

  • Saat Anda meletakkan engsel, sangat penting untuk Anda mengukurnya dengan siku pada bagian penutup dan sisi kotak. Jika tidak, penutupnya tidak akan dapat menutup atau membuka dengan baik.
  • Anda dapat menggunakan klem untuk menjepit penutup dan sisi kotak saat Anda mengukur dan memasang engsel untuk mempermudah.

8. Isi lubang-lubang pakunya. Gunakan dempul kayu dan pisau dempul untuk mengisi lubang paku. Biarkan dempul mengering seluruhnya sebelum Anda mengamplas permukaannya agar halus.

  • Mengisi dempul dan mengamplas kotak Anda akan memberi kesan profesional pada karya Anda. Silahkan menyingkirkan langkah ini jika Anda tidak ingin menambahkan aspek dekoratif.

Baca Juga :

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :
www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

02129218911, 02129218925, 02162200455

Back
Whatsapp