cs@klikmjm.com 021-2921 8911 08119415000

Pengertian Paku Beserta Jenis & Fungsinya

Sumber Gambar : www.klikmjm.com

Pengertian Paku Beserta Jenis & Fungsinya

                 Paku (nail) adalah sebuah material yang terbuat dari besi, baja, alumunium, dan kawat yang bentuknya slinder dan berujung lancip serta berkepala agak lebar. Selain paku besi dan baja terdapat juga paku-paku yang dibuat dari kuningan, logam galvanisasi dan paku-paku berlapis. Paku merupakan salah satu bahan pendukung produksi dalam dunia industri kayu yang fungsinya untuk menyambung kayu yang sifatnya permanen dan sementara. Paku umumnya terdapat banyak jenis dan ukurannya, serta fungsinya juga berbeda-beda. Selain digunakan pada kayu ada juga yang difungsikan untuk tembok. Paku juga dapat dijual per packed, bijian atau kiloan. ( Belanja Online Paku Tembak di www.klikmjm.com )

Jenis-Jenis Paku :

(a) Paku kawat baja

Paku kawat baja merupakan jenis paku yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Kepala paku ini diberi goresan (grid) untuk menahan tekanan saat proses pemakuan, leher paku dibuat kasar agar cengkeraman pada kayu lebih kuat. Paku jenis ini biasa diterapkan pada balok ukuran 8 x 10 dan 8 x 8 cm. Jenis-jenis dan ukuran paku kawat baja adalah:
> Paku usuk : 5 inchi, 4 inchi,3 inchi, 3 3/4 inchi , 2 1/5 inchi
> Paku reng : 1 1/5 inchi,1 inchi
> Paku ternit : 3/4 inchi
> Paku triplek : 3/4 inchi, 1/2 inchi

(b) Paku Payung

Paku ini dinamakan paku payung karena kepala paku ini menyerupai payung. Paku ini terbuat dari besi yang dilapisi galvanis. Biasanya digunakan pada pemakuan seng, asbes, fiber, dan kayu. Tetapi khusus penggunaannya pada kayu tidak umum digunakan. Berdasarkan jenisnya, paku payung terdiri dari tiga jenis yaitu:
> Paku payung seng/asbes : 2 1/2 inchi
> Paku pinus : 3/4 inchi
> Paku payung ulir : 2 1/2 inchi

(c) Paku Beton

Paku beton memiliki 7 ukuran yang berbeda. Paku ini sering digunakan pada beton atau dinding bangunan. Paku ini terbuat dari baja. Umumnya dijual per packed dan per-biji. Paku ini memiliki kelebihan yaitu: keras, dan tahan terhadap karat. Paku beton berjumlah 144 biji dalam 1 packed/dos. Adapun ukuran yang terdapat adalah: paku 4 inchi, 3 inchi, 2 3/4 inchi , 2 1/4 inchi, 1 1/2 inchi, dan 1 inchi.

     

Baca Juga: 

 

(d) Paku Bengkirai

Paku bengkirai biasa digunakan untuk memaku jenis kayu keras seperti giam, bakau, gelugu, dan bengkirai. Paku ini terdiri dari campuran besi dan baja yang dilapisi galvanis. Paku bengkirai sering diterapkan pada kusen pintu dan jendela. Adapun ukurannya yaitu : 4 1/4 inchi, 4 inchi, 2 inchi, dan 1 inchi.

(e) Paku Etalase/Pivet

Paku jenis etalase ini memiliki 2 komponen, digunakan pada sambungan papan olimpic yang jenis kayunya berfinir. Bahannya terbuat dari besi yang dilapisi cadmium/galvanis. Adapun ukurannya adalah: 2 inchi, 1 3/4 inchi, 1 3/4 inchi.

(f) Paku Venner Pin

Pakuvenner merupakan jenis paku yang batangnya kecil dan besinya tidak terlalu keras. Paku venner khusus diterapkan pada papan yang terbuat dari venner (serbuk kayu).

(g) Paku Duplex

Paku duplex sering diterapkan pada bangunan yang akan dicor dan pada ujung kepala paku dapat diikat dengan kawat, sehingga memudahkan untuk menahan kawat tersebut. Paku duplex terbuat dari baja dan pada batangnya dibuat grid agar cengkraman pada kayu atau beton lebih kuat. Adapun ukurannya yaitu: 2 inchi, 2 1/2 inchi, 3 inchi, 3 1/2 inchi, 4 inchi.

(h) Paku Tembok (panel pin)

Paku tembok hanya memiliki satu jenis yang diterakan pada kayu buatan seperti blackboard dan teakwood. Kepala paku panel menyerupai kerucut terbalik. Adapun ukurannya yaitu: 1/2 inchi, 1/4 inchi, dan 1 inchi.

(i) Paku Cut Tack

Paku jenis ini diterapkan pada jok kursi. Pada bagian kepalanya agak lebar serta bagian yang runcing lebih panjang. Umumnya dijual perpackked/dos. Adapun ukurannya adalah 1/2 inchi.

     

 Baca Juga: 

 

(j) Paku Wailboard

Paku wailboard hampir menyerupai paku kawat baja, tetapi pada bagian kepalanya agak melebar. Diameternya adalah 1,4 mm. Adapun klasifikasi ukurannya yaitu: 1/2 inchi, 3/4 inchi dan 1 inchi.

(k) Paku Upholstery

Paku upholstery memiliki kepala bulat dan batangnya pendek. Paku ini juga diterapkan pada jok. Untuk ukurannya adalah 1/2 inchi.

(l) Paku Ecucheon Pin

Paku jenis ini memiliki kepala bulat tetapi kecil tidak memiliki gridpada bagian leher. Paku ini biasa diterapkan pada list ternit atau plafon rumah. Ukurannya seperti halnya paku upholstery yaitu 1/2 inchi.

(m) Paku Cacing

Dinamakan paku cacing karena bentuknya menyerupai cacing. Paku ini hanya terdapat tiga ukuran dan terbuat dari plat seng. Biasanya diterapkan pada papan yang akan di sambung dengan sistem laminating. Tiga ukuran tersebut yaitu: 9 mm, 12 1/2 mm, dan 15 mm.

(n) Paku Clout Head

Paku ini memiliki kepala lebih besar daripada paku-paku yang lain, tetapi batangnya tidak terlalu panjang. Paku jenis ini biasa diterapkan pada sambungan kayu dan dimanfaatkan sebagai dowel sambungan
tersebut. Diameternya adalah 3, 7 mm. Ukurannya adalah 1/2 inchi dan 1 inch i.

(o) Paku Fibio Cemment

Paku jenis ini pada bagian ujung tidak lancip dan terbuat dari besi yang dicampur galvanis. Umumnya diterapkan pada plastik dan kayu yang bervinir lunak. Untuk ukuran pakunya adalah 1 inchi, 11/2 inchi dan 2 inch i.

 Baca Juga: 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Like Facebook Page kami utk Update terbaru :
www.facebook.com/pakutembakindonesia

 

Belanja Online di :

www.klikmjm.com

Customer Service ( Whatsaap ) :s ) :

081 1941 5000 (CS1)
08 111 405 703 (CS2)
​Email : support@mitrajayamandiri.com

CALL CENTER : 021 29218911 (Senin - Jumat, 09.00 - 17.00 WIB)

Sales :

  • 08 111 405 701 (Dede)

       Email : dede@mitrajayamandiri.com

  • 08 111 405 702 (Wisnu)

       Email : wisnu@mitrajayamandiri.com

Call Center :

PT MITRA JAYA MANDIRI

02129218911, 02129218925, 02162200455

Back
Whatsapp